Like

Adv

promo usahablog

Rabu, 12 Juni 2013

PSIKOLOGI KOMUNIKASI-MEMORI


                                                                                              KATA PENGANTAR

             Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat ,taufik serta hidayah-nya dan yang telah menganugerahkan ilmu kepada kami sehingga kelompok kami dapat menyelesaikan makalahyang berjudul Memory Dan Berfikir Dalam  Komunikasi Intrapersonal.
             Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas mata kuliyah Psikologi Komunikasi. Makalah yang kami susun ini berisi tentang psikologi komunikasi yang membahas tentang Memori dan Berfikir dalam komunikasi intrapersonal.
Tersusunnya Makalah ini, tidak lepas dari dukungan serta dorongan dosen pembimbing kami.Dan dalam penyusunan makalah ini kelompok kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini menjadi lebih baik.
            Demikian tugas mata kuliyah psikologi komunikasi kami buat ini,semoga bermanfaat bagi para pembaca dan pendengar terutama bagi kelompok kami.










                                             
                             
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .....................................................................
BAB I Pendahuluan  .......................................................................
Latar Belakang  .................................................................................
            1.Rumusan Masalah  .............................................................
            2.Tujuan  ...............................................................................
BAB II Pembahasan  ......................................................................
            1.Memory dalam komunikasi personal  ...............................
            2.Berfikir dalam komunikasi personal  ................................
 BAB III Kesimpulan ......................................................................
DAFTAR PUSTAKA











                                                  

                                                                   BAB I
PENDAHULUAN
    
A.Latar Belakang                                
             Dalam menggunakan memory dan berfikir dalam komunikasi
     intrapersonal,ada beberapa jenis atau cara yang harus dilakukan mengenai
     bagaimana cara kita untuk menggunaka n memory yang kita miliki, dan   
     bagaimana cara  proses berfikir dalam komunikasi intraperssonal,diantara- 
     nya mengingat,pengenalan,belajar lagi,redintegrasi dan mekanisme
     memorinya adalah teori aus,teori interferensi,dan teori pengolahan   
     informasi.Sedangkan  proses berfikir Itu  terdiri dari berbagai  jenis diantara-
     nya adalah apakah berfikir itu,bagaimana orang  berfikir,menetapkan  
     keputusan,memecahkan masalah atau persoalan ,dan berfikir kreatif.inilah
     suatu pembahasan yang akan kita diskusikan pada pertemuan kali ini     
B.Rumusan masalah
    1.Bagaimana definisi memori dan  jenis-jenis  proses menggunakan  memory  
       dalam komunikasi  intrapersonal ?
    2.Bagaimana definisi berfikir dan jenis-jenis proses untuk  berfikir  dalam
       komunikasi  Intrapersonal ?
C.TUJUAN
            Untuk mengetahui bagaimana jenis dan proses penggunaan  memoriy dan berfikir   
    dalam komunikasi intrapersonal dalam ilmu psikologi  komunikasi .
                                                                 
                                                                     BAB II
PEMBAHASAN
A.Momoriy
      Definisi memori dan jenis proses menggunakan memoriy dalam komunikasi intrapersonal        
Dalam komunikasi intrapersonal memori adalah suatu memori yang memegang peranan penting dalam mempengaruhi baik persepsi (dengan menyediakan kerangka rujukan) maupun berfikir.Mempelajari memori membawa kita pada psikologi kognitif,terutama sekali,pada modal manusia sebagai  pengolah informasi bahkan meminta ahli komputer agar mendalami ilmu psikologi kognitif dalam upaya menemukan cara-cara baru dalam  menganalisa pesan dan pengolahan pesan.Sumbangan paling besar dari psikologi kognitif adalah menyikap tabir memoriy. Memori adalah sistem yang sangat berstruktur ,yang menyebabkan organisme sanggup merekam fakta tentang dunia dan menggunakan pengetahuannya untuk membimbing prilakunya.Setiap saat stimula mengenai indra kita ,setiap saat pula stimula itu direkam secara sadar maupun tidak sadar.Menurut ilmuan barat yang bernama John Griffit ,ahli matematika ,menyebutkan kemampuan rata-rata memori manusia untuk menyimpan informasi dalam anggka 10,11(seratus triliun)bit.Sedangkan John von Neumann,ahli teori informasi ,menghitungnya sampai 2.8x10x20 (280 kuintiliun )bit.Asimov menerangkan bahwa otak manusia selama hidupnya sanggup menyimpan sampai satu kuindriliun bit informasi.   
Jadi secara singkat ,memori melewati tiga proses:perekam,penyimpanan,dan pemanggilan.Perekam disebut (encoding) adalah pencatatan informasi melalui reseftor indera dan sirkit saraf internal.Sedabgkan penyimpanan disebut (storage ) ,proses yang kedua ,adalah menentukan berapa lama informasi itu berada beserta kita,dalam bentuk apa ,dan dimana .Penyimpanan bisa aktif dan pasif.Kita menyimpan secara aktif ,bila kita menambahkan informasi tambahan .Kita mengisi informasi yang tidak lengkap dengan kesimpulan kita sendiri ( inilah yang menyebabkan desas desus penyebar lebih banyak dari volume yang asal ).Mungkin secara pasif terjadi tanpa ada informasi penambahan. Pemanggila disebut ( retrieval ) , dalam bahasa sehari-hari ,mengingat lagi adlah menggunakan informasi yang disimpan .                                                                                                  

1 . Jenis-Jenis memoriy    
Kita tidak menyadari pekerjaan memori pada dua tahap yang pertama.Kita hanya     mengetahui memori pada tahap ketiga:Pemanggilan kembali.Pemanggilan  diketahui dengan empat cara :  
1.      Pengingatan ( Recall ). Pengingatan adalah proses aktif untuk menghasilkan kembali         fakta dan informasi secara verbatin ( kata demi kata ),tanpa petunjuk yang jelas. Contohnya ketika anda menjawab pertanyaan esei ,anda juga mencoba mengingat kembali fakta yang tersimpan didalam memori .
2.      Pengenalan ( Recognition ) adalah angka sukar untuk mengingat kembali sejumlah fakta lebih mudah mengenalinya kembali .contohnya siapa nama presiden Mesir sekarang ? lebih sukar dijawab daripada pertanyaan
3.      Belajar lagi ( Relearning ) ,adalah menguasai kembali pelajaran yang sudah pernah kita proleh termasuk pekerjaan memori. Seorang psikolog sering membacakan kutipan –kutipan pendek dalam bahasa yunani ,pada anaknya yang masih kecil.Ini dilakukannya setiap hari sejak usiA 15 bulan sampai 3 tahun .Pada usia 8 tahun ia ditanya apakah masih ingat pada kutipan –kutipan yang pernah didengarnya . Anak itu menjawab tidak.Recall tidak terjadi.
4.      Redintegrasi ( Redintegration ) , Ialah merekontruksi seluruh masa lalu dari satu petunjuk kecil . Suatu takbir pada malam ID sering membawa umat islampada kenangan kenangan indah (kenangan pahit ) dalam kehidupan masa lalunya,lengkap dengan seluruh emosi yang menyertai .Inilah yang menyebabkan anda tiba –tuba dilanda sedih ketika mencium baw parpum DRAKKAR  ,karena mengingatkan anda pada pacar yang meninggalkan anda.
2 . Mekanisme Memoriy
            Sudah lama orang ingin mengetahui bagaiman kerja memori.Secara praktis orang ingin mencari cara-cara untuk mengefektifkan pekerjaan memori.Bukankah memori kita handal ,kita dapat menggunakannya sebagai arsip yang murah ,praaktis ,efisien ,dan portabel ( mudah dibawa ) ?  Tetapi memori kita sering tidak berfungsi ;kita sering lupa.Untuk mengetahui pekerjaan memori ,kita harus menjawab mengapa orang lupa .Jawabannya  menjelaskan mengapa orang  ingat.Ada tiga teori pengolahan menjelaskan memori : teori aus, teori interferensi ,dan teori pengolahan informasi .
a ). Teori Aus ( Disuse Theory )
            Menurut teori ini , memori hilang atau memudar karena waktu .seperti otot,memori kita baru kuat bila dilatih terus menerus.Contohnya sejak zaman Yunani sampai sekarang ,masih ada orang yang beranggapan bahwa tugas guru adalah melatih ingatan muridnya ,karena selama sekolah orang hanya belajar mengingat .Makin sering mengingat ,maka makin jelek kamampuan seseorang dalam mengingat .Lagi pula ,tidak selalu waktu mengauskan memori .Sering terjadi ,kita masih ingat peristiwa puluhan tahun yang lalu,akan tetapi kita tidak mengingat kejadian minggu yang sudah lewat . 
b ). Teori Interferensi ( Interference Theory )
            Menurut teorin ini ,memori merupakan meja lilin atau kanvas.Pengalaman adalah lukisan pada meja lilin atau kanvas itu, katakanlah pada kanvas itu sudah terlukis hukum relativitas.Setelah itu, anda akan mencoba merekam hukum medan gabungan yang kedua akan menyebabkan  terhapusnya rekaman yang pertama atau mengaburkannya . Nah inilah yang disebut dengan interferensi .Misalnya ,anda menghafal halaman pertama dalam kamus bahasa inggris-indonesia .Anda berhasil,teruskan menghafal kehalaman kedua .Anda berhasil juga ,tetapi yang diingat pada halaman pertama berkurang,inilah yang disebut dengan inhibisi retroaktif ( halaman ke belakang ) .Beberapa eksperimen menunjukkan bahwa pelajaran yang dihafal sebelum tidur lebih awet dalam ingatan daripada pelajaran yang dihafal sebelum kegiatan –kegiatan lain karena, dalam tidur tidak terjadi inhibisi retroaktif.
c ). Teori Pengolahan Informasi ( Information Processing Theory )
            Menurut teorin ini ,menyatakan bahwa informasi mula-mula disimpan pada sensory storage ( gudang indrawi ) ,kemudian masuk short –term memory  ( STM ,memori jangka pendek ); lalu dilupakan atau dikoding untuk dimasukkan kedalam long –term memory ( LTM ,Memori jangka panjang ) . Otak manusia dianalogikan dengan komputer. Sensory storage lebih merupakan proses perseptual dari pada memori.Ada dua macam memori:memori ekonis untuk materi yang kita proleh secara visual ,dan memori ekosis untuk materi yang masuk secara auditif ( melalui pandangan ).Penyimpanan disini berlangsung cepat,hanya berlangsung sepersepuluh sampai seperempat detik.Sensory storage-lah yang menyebabkan kita melihat rangkaian gambar terlihat bergerak ,ketika kita menonton film.       
                                                                                                                                               
B . Berfikir
Definisi dan jenis-jenis proses untuk berfikir dalam komunikasi intrapersonal  
    1) Definisi berfikir
            Berfikir adalah suatu proses keempat yang mempengaruhi penapsiran kita terhadap stimula.Dalam berfikir kita melihat semua proses yang kita sebut dimuka yaitu,sensasi,persepsi,dan memori.contoh soal ada sembilan titik yang disusun dalam bentuk segi empat .Hubungkanlah titik-titik itu dengan menarik empat garis lurusyang tidak terputus-putus,tanpa mengagngkat pena atau pensil anda .Jangan ada satu pun yang terlewatkan .Mula mula tentu anda menangkap tulisan dan gambar titik-titik ( sensasi ) .Anda membaca dan mencoba memahami apa yang saya minta ( persepsi ).Pada saat itu sebetulnya juga anda membongkar memori anda untuk memahami apa yang disebut garis lurus, segi empat ,dan kemungkinan soal yang sama pada waktu lalu ( memori ) .
2) Jenis jenis proses berfikir dalam komunikasi intrapersonal
            Bagaimana orang berfikir atau bagaiman orang menarik kesimpulan .Secara garis besar ada dua macam berfikir ; berfikir autistik dan berfikir realistik .Yang pertama mungkin lebih cepat disebut melamun .fantasi,menghayal,wishful thinking adalah contohnya.Dengan berfikir autistikorang melarikan diri dari kenyataan dan melihat hidup sebagai gambar gambar fantastis.Berfikir realistik disebut juga nalar ( reasoning ) ,ialah berfikir dalam dalam rangka menyusaiakan diri dengan dunia nyata .Ada 3 macam cara berfikir realistik ;deduktik,induktif,evaluatif .
a.       Berfikir deduktif adalah mengambil kesimpulan  dari dua kenyataan,yang pertama merupakan pernyataan umum,dalam logika ini disebut silogisme .contohnya semua manusia akan mati .jadi aku juga manusia dan akan mati juga.
b.      Berfikir induktif adalah sebaliknya,dimulai dari hal hal yang khususdan kemudian mengambil kesimpulan umum,kita melakukan generalisasi.contohnya saya bertemu dengan muazzin ,mahasiswa IAIN dan pandai berbicara.saya berjumpa dengan lilik,weni,ajhi,dan karimah ia juga mahasiswa dari IAIN ;semuanya mereka pandai berbicara dan pintar.Jadi saya menyimpulkan semua maha siswa IAIN pandai berbicara dan pintar.Ketepatan berfikir induktif bergantung pada memadai nya kasus yang dijadikan dasar.Misalnya semua mahasiswa IAIN pandai berbicara cukup untuk dijadikan sampel yang refresentatif.
c.       Berfikir evaluatif ialah berfikir kritis,menilai baik buruk-nya ,tepat atau tidak nya suatu gagasan .Dalam berfikir evaluatif ,kita tidak menambah atau mengurangisuatu gagasan,kita menilai menurut kriteria tertentu.Menurut perkembangan muktahir psikolog kognitif,manusia lebih sering berfikir tidak logis dari pada yang logis seperti berfikir deduktif.Berfikirlogis bukanlah kebiasaan kita atau hal yang alamiah.Dan cara berfikir yang menurut kaedah logika yang tidak valid.yang biasanya kita lakukan justru berjalan agak baik dalam kebanyakan situasi sehari-hari .Berfikir logis ternyata blebih praktis ,efisien,dan bermanfaat.Pada keadaan terbaik kita bisa dapat berfikir seperti ahli logika dan dalam keadaan terjelek,ahli logika semua berfikir seperti kita .
C ) Menetaapkan keputusan ( Decision Making )
            Salah satu fungsi berfikir adalah menetapkan keputusan karena sepanjang hidup kita harus menetapkan keputusan.Sebagian dari keputusan itu ada yang menentukan masa depan kita .Ketika kita memutuskan masuk fakultas dakwah ilmu bki ,tentu anda akan tahu nasib anda tidak seperti secerah dokter atau pegawai kecamatan yang mengurus proyek.Begitu pula anda dalam memutuskan untuk memilih dia ,berarti anda harus siap hidup bersama sama dengan dia,karena setiap keputusan yang diambil ,akan disusul oleh keputusan keputusan lainnya yang berkaitan .Ketika memutuskan belajar keluar negeri.anda juga harus memutuskan untuk tidak meenikah ,meninggalkan keluarga,untuk hidup sendiri dirantau dan seterusnya .Keputusan yang kita ambil beraneka ragam ,tapi ada tanda tnda umumnya ;(1) keputusan merupakan hasil berfikir ,hasil usaha intlektual.(2) Keputusan selalu melibatkan pilihan dari berbagai alternatif ;(3) Keputusan selalu melibatkan tindakan nyata ,walaupun pelaksanaannya boleh ditangguhkan atau dilupakan .
D ) Memecahkan persoalan ( Problem Solving )
            Proses memecahkan persoalan adalah berlangsung melaluin lima tahap ;
1.      Terjadi peristiwa setelah prilaku yang biasa dihambat karena sebab pemecahan yang rutin.Mobil mogok, anda mencoba stater berkali kali.Anak mogok sekolah ,anda beri dia uang .bila istri anda mogok berbicara maka bujuklah dia dan jikalau cara biasa gagal maka itu telah timbul masalah baru lagi .
2.      Anda mencoba menggali kembli memori anda untuk mengetahui cara cara apa saja yang efektif  pada masa lalu.mobil mogok bisa didorong ,anak mogok sekolah bisa diancam dan istri mogok bicara bisa dibihingin .
3.      Pada tahap ini anda mencoba seluruh kemungkinan pemecahan yang pernah anda ingat atau yang dapat anda pikirkan .semua anda coba dan inilah yang disebut penyelesaian mekanis .
4.      Anda mulai menggunakan lambang lambang verbal atau garis untuk mengatasi masalah .Anda mencoba memahami situasi yang telah terjadi ,mencari jawaban ,dan menemukan kesimpulan yang tepat .
5.      Tibaa-tiba terlintas dalam pemikiran anda suatu pemecahan.Aha “ saya sekarang tahu,anak saya tersinggung karena ucapan saya.Saya harus meminta maaf,kilasan pemechan masalah ini diebut Aha erlebnis ( pengalaman Aha) ,atau lazim disebut insight solution.
Faktor –faktor yang mempengaruhi proses pemecahan masalah
            Beberapa penemuan telah membuktikan pengaruh faktor –faktor biologis dan sosiopsikologis terhadap proses pemecahan masalah .Simpanse yang terlalu lapar tidak mampu memecahkan kohler masalah dan Simpanse yang setengah lapar bisa memecahkan masalah dengan cepat.Manusia yang kurang tidur mengalami penurunan kemampuan untuk berfikir ,begitupula ia terlalu lelah .Ini faktor biologis sama pentingnya juga adalah fakto- faktor sosiopsikologi contohnya adalah
1.      Mutivasi yang rendah mengalihkan perhatian ,motivasi nyang tinggi bisa membatasi fleksibilitas .Anak yang terlalu bersemangat untuk melihat hadiah ulang tahun ,sering tidak dapat melihat bingkisan.
2.      Kepercayaan dan sikap yang salah .Asumsi yang salah dapat menyesatkan kita .Bila kita percaya bahwa kebahagian dapat diproleh dengan kekayaan materialkita akan kesulitan dalam memecahkan  penderitaan batin kita .
3.      Kebiasaan,kecendrungan untuk mempertahankan pola berfikir tertentu,atau melihat suatu permasalahan dari satu sisi saja ,atau kepercayaan yang terlalu berlebihandan tanpa kritis pendapat otoritas menghambat pemecahan permasalahan yang efisien .ini menimbulkan jumkudan pemikiran dan lawan dari ini adalah kekayaan pemikiran yang merupakan cara pemikiran yang ditandai oleh semacam kekuranghormatanpada jawaban jawaban lama ,aturan yang mapan,atau prinsip-prinsip yang sudh diterima .
4.      Emosi ,dalam menghadapi berbagai situasi ,kita tanpa sadar sering terlibat emosional.Emosim mewarnai cara berfikir kita dan kita tidak dpat pernah berfikir betul-betul objektif .Akan tetapi bila emosi itu sudah mencapai intensitas yang begitu tinggi kemunggkinan kita akan menjadi stress,barulah kita kesulita untuk berfikir yang efisien .
E )  Berfikir Kreatif ( Creative Thinking )
            Berfikir kreatif adalah diperlukan dimulai dari komunikator yang harus mendesain pesannnya insyur yang harus merancang bangunan ,ahli iklan yang harus menata pesan verbal dan grafis ,sampai pada pemimpin masyarakat yang harus memberikan perspektif baru dalam mengatasi masalah sosial.
            Berfikir Kreatif harus memenuhi tiga syarat .Pertama,kreatipitas melibatkan respon atau gagasan yang baru,atau yang secara statistiksangat jarang terjadi.Tetapi kebaruan saja tidak cukup .Anda dapat mengaatasi kepadatan penduduk dikota dengan membangun rumah rumah dibawah tannah.Ini baru,tetapi sukar dilaksanakan .Syarat kedua kreativitas ialah dapat memecahkan persoalan secara realitis.Syarat ketiga kreativitas merupakan usaha untuk mempertahankan insight yang orisinal ,menilai dan mengembangkan nya sebaik mungkin .
Proses berfikir kreatif
Para psikolog menyebutkan 5 tahap berfikir kreatif
1.      Orientasi; Masalah dirumuskan ,dan asfek- asfek diidentifikasikan
2.      Preparasi ; Pikiran berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang         relevan dengan massalah.
3.      Inkubasi ; Pikiran beristrahat sebentar,ketika berbagai pemecahan berhadapan dengan jalan buntu,pada tahap ini ,proses pemecahan masalah berlangsung terus dala jiwa bawah sadar kita .
4.      Iluminasi ; Masa Inkubasi berakhir ketika pemikir memproleh semacam ilham,serangkaian insight yang memecahkan masalah .Ini menimbulkan Aha erlebnis .
5.      Verifikasi ; Tahap terakhir untuk menguji dean secara kritis penilai pemecahan masalah yang diajuk.anpada tahap keempat .

Faktor- Faktor yang mempengaruhi berfikir kreatif
            Berfikir kreatif tumbuh subur bila ditunjang oleh faktor personaldan situasional.Orang orang kreatif memiliki temperamen yang beraneka ragam.Wagner sobong, dan sok ngatur ,pemalu,pendiam,dan fasif,perseksual,tidak toleran dan pemaran ,rendah hati dan sederhana .  Walaupun demikian ada beberapa faktor yang secara umum menandai orang orang kreatif  :
1.      Kemampuan kognitif ;Termasuk disini adalah kecerdasan diatas rata- rata,kemampuan melahirkan gagasan –gagasan baru ,gagasan-gagasan yang berlainan,dan fleksibilitas kognitif .
2.      Sikap yang terbuka ;Orang kreatif mempersiapkan dirinya menerima stimuli internal dan eksternal ,ia memiliki minat yang beragam dan luas .
3.      Sikap yang bebas ,otonom,dan percaya pada diri sendiri .Orang kreatif tidak senangb “digiring” ; ingin menampilkan dirinya semampu dan semaunya ,ia tidak terlalu terikat ada konvensi- konvensi sosial. Mungkin in ilah sebabnya,orang orang kreatif sering dianggap “nyentrik “ atau gila .
Butir nomor 3 membawa kita pada faktor faktor situasional yang menyuburkan kreativitas .



                                               







BAB III
Kesimpulan
Jadi definisi Memori dan berfikir   dan proses dalam komunikasi intrapersonal adalah suatu abtraksi,ia menunjukkan masyarakat atribut ,aktivitas ,serta keterampilan ,dan bukan mengacu pada suatu benda .Keterampilan-keterampilan ini bisa sangat bervariasi ; tidak standar tunggal untuk menentukan memori mana yang “baik” dan memori mana yang “buruk”.Ian Hunter ,ahli psikologi menyatakan bahwa seseorang yang menyatakan dirinya memiliki memorin yang baik berarti ,bahwa ia mampu melkukan salah satu dari berbagai macam aktivitas ,membaca buku dan menceritakan seluruh isi buku ,membaca satu allinea dan mengucapkan nya kembali kata demi kata secaraa luar kepala,mengingat kembali pengalaman pengalaman masa lalu,dan tidak pernah lupa akan hari ulang tahun dan tidak lupa akan janji,melakukan suatu lain nya seperti bermain catur atau berbicara dengan bahasa asing lainnya yang sudah bertahun tahun tidak dikerjakan .Memori juga adalah mesin perekam yang merekam semua hal yang masuk kedalam melalui panca indra ,apa yang orang lihat,dengar,cium,sentuh,dan rasakan,direkam dalam memori .Baik itu berupa gambaran ,citra ,musik,Maupun sekali terlihat .
            Sedangkan definisi dan proses berfikir dalam komunikasi intrapersonal adalah suatu proses yang mempengaruhi penafsiran kita terhadap stimula ,karena dalam proses  berfikir kita melihat semua yang kita sebut dimuka  seperti proses sensasi ,persepsi, dan memori ..Seperti contoh pada saat anda melihat atau menangkap suatu titik gambar dan tulisan maka itulah yang disebut dengan ( sensasi ). Sedangkan pada saat anda membaca dan mencoba memahami terhadap apa yang saya minta diatas maka itulah yang disebut dengan ( persepsi ). Pada saat itu untuk memahami apa yang disebut diatas seperti tulisan ,titik- titik gambar atau yang lainnya yang kemungkinan akan sama dengan waktu yang sudah lalu ,maka itulah yang disebut dengan ( memori ) .
                                  




DAFTAR PUTAKA

Psikologi Komunikasi
Penulis : Drs.Jalaluddin Rakhmat,M.Sc.
Editor : Tjun Surjaman
Diterbitkan oleh PT REMAJA ROSDAKARYA
Jl.Ibu langit Garnasih No.40,Bandung 40252
Telp.(022) 5200287,Faks.(022) 5202529
Anggota Ikapi
Cetakan ke-1 s.d.26,tahun 1985 s.d. 2009
Cetakan keduapuluhtujuh,April 2011
Hak cipta dilindungi undang-undang pada penulis.
Dicetak oleh PT Remaja Rosdakarya Offset – Bandung .


                                                                                                                               

yours comment here

adv



From: http://www.nusaresearch.net/public/recommend/recommend

follow me in